Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Kamis, 29 April 2010

Open Source Vital Bagi E-Government & Transparansi!


Menggunakan Open Source merupakan elemen kunci untuk menghadirkan berbagai layanan e-Government, argumen ini dilontarkan oleh Cenatic, Pusat Kompetensi Open Source Nasional, Spanyol. Cenatic memaparkan sejumlah argumen, mengapa pemerintah seharusnya menggunakan Open Source.

Cenatic menyatakan, software Open Source sejalan dengan berbagai peraturan Eropa dan rekomendasi interoperabilitas." Uni Eropa dan pemerintah Spanyol telah memutuskan bahwa penggunaan software Open Source merupakan elemen kunci bagi pembangunan e-Government dan Open Government.


"Software Open Source memperkokoh transparansi, interoperabilitas, kemandirian dari keterikatan kepada vendor dan kelanggengan aplikasi-aplikasi administrasi publik. Penggunaan software dengan lisensi yang 'free" meningkatkan transparansi pada semua proses administrasi, berkontribusi pada interoperabilitas di semua lembaga, memaksimalisasi kemandirian berteknologi dan menjamin masa depan berbagai aplikasi administrasi publik."


Lebih lanjut Cenatic seperti dikutip Plaza eGov melalui Osor.eu (23/4/2010) mengungkapkan: administrasi publik yang menggunakan Open Source akan menjadikan aset-aset pengetahuan terakses oleh publik." Aplikasi Open Source adalah sumber pengetahuan dan menggunakannya tak hanya menawarkan kode terbuka tetapi juga pengetahuan bisnis, berbagai keahlian berorganisasi dan teknologi yang terkait dengan Open Source. Setiap aplikasi yang digunakan adalah sebuah kesempatan bagi bisnis dan sumber pengetahuan bagi masyarakat.

Menggunakan software jenis Open Source juga membantu organisasi-organisasi pemerintah untuk menghemat berbagai biaya, misal dalam pemeliharaan dan pengembangan software. " softwre yang Open Source dan berlisensi gratis menciptakan sebuah komunitas yang bernilai bagi semua proyek software, mendorong adanya pembiayaan yang berbagi untuk pemeliharaan dan fasilitasi pengembangannya, ungkap laporan yang dikelurakan Cenatic.

(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget