Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Sabtu, 11 Februari 2017

Bagaimana Teknologi Akan Mentransformasi Industri Dan Masyarakat? (2)


Bacalah lebih dulu: bagian 1
Data Besar Analitik dan “Cloud”
Sebuah perkiraan menyatakan sebesar 25 quintilion byte data dihasilkan setiap hari pada saat ini, dan banyak perkiraan mengatakan 90% data di dunia saat ini telah diciptakan dalam dua tahun belakangan ini. Tetapi banyak dari data ini dalam keadaan tidur: hanya 5% data yang pernah dianalisa, yang berarti  data besar analitik tersebut  memiliki manfaat-manfaat potensial yang begitu besar untuk dihasilkan.

Terima kasih  kepada sistem komputasi teknologi awan atau cloud, organisasi-organisasi sekarang dapat menyewa kapasitas dalam jumlah yang begitu besar, masif dan kompleks untuk menganalisa data kapanpun mereka membutuhkannya, menempatkan “analitik-analitik data besar sebagai sebuah layanan atau servis” di antara layanan-layanan berbasis cloud yang  bertumbuh pesat. Sebagaimana Interkoneksi via Internet bertumbuh secara eksponensial, platform-platform atau arsitektur-arsitektur sistem kerja awan  pasti  esensial dalam mengoneksikan perangkat-perangkat dan hosting yang terkait aplikasi-aplikasi dan data.


Manfaat-manfaat bagi industri analitik-analitik data besar berbasis cloud mencakup:

-layanan-layanan dan produk-produk baru
-Utilisasi yang lebih baik atas asset-aset yang ada dan pemantauan inventori
-memperbaiki diagnostik-diagnostik dan prediksi-prediksi.
-Kustomisasi yang lebih besar atas layanan-layanan dan produk-produk
-memperbaiki produktivitas tenaga kerja dan efisiensi operasional

Analitik-analitik data besar dan cloud dapat membantu beberapa isu terbesar yang dihadapi masyarakat dewasa ini, termasuk meningkatnya biaya-biaya perawatan kesehatan, kejahatan dan konservarsi lingkungan.


Interkoneksi via Internet: Membuat Dunia Lebih Cerdas
Interkoneksi  perangkat-perangkat via internet  telah meliputi 7 miliar perangkat-mulai dari lemari es hingga lampu-lampu lalu lintas-dan diharapkan bertumbuh hingga hampir 50 miliar obyek pada 2020. Pada 2020, hampir setengah dari para konsumen akan memiliki sebuah perangkat yang terkoneksi dengan  perangkat-perangkat terkoneksi atau loT, dengan permintaan terkuat untuk kamera rumah dan keamanan, jam tangan pintar dan perangkat-perangkat kebugaran tubuh.



loT kelihatannya akan menjadi peluang bernilai utama  berikutnya di lintas industri. Industri loT diprakirakan akan menambah $14 triliun bagi ekonomi global jelang 2030. Sebagai model-model bisnis yang berkembang pada dekade mendatang, mempertautkan sebanyak 50 miliar sensor-sensor pada perangkat-perangkat baru yang digunakan secara luas ke jaringan umum yang akan meminta industri-industri untuk bekerja sama secara erat dengan ekosistem telekomunikasi.

Menjelang 2020, lebih dari 90% mobil yang terjual akan terkoneksi. Pasar perangkat-perangkat elektronik cerdas populer sehari-hari diharapkan akan melejit dari 45 juta unit pada 2015 menjadi 125 juta pada 2019. Adopsi layanan-layan loT pada sektor-sektor otomotif, manajemen energi rumah dan manajemen armada logistik sendiri dapat memimpin pencegahan 26 juta gas buangan selama dekade mendatang.


loT juga terlihat akan menjadi sebuah pencipta kunci lapangan-lapangan kerja jenis baru, dan lebih dari 400.000 pekerjaan baru akan diperlukan di seluruh industri telekomunikasi untuk menopang aliran-aliran pendapatan baru yang muncul dari layanan-layanan loT.

Sementara loT bertumbuh, itu akan memerlukan mekanisme-mekanisme  peregulasian yang diunifikasi. Sehubungan dengan batasan-batasan industri mengabur, loT akan menyentuh banyak industri-industri yang berbeda pada setiap lintas sektor dan ekonomi. Namun demikian, isu-isu kejuridiksian terkait perihal ini, belum juga dipecahkan dan, tanpa koordinasi yang lebih besar, isu-isu tersebut mengancam kelangsungan pengembangan loT dan manfaat-manfaat yang dapat diberikannya.


Robot dan Wahana Terbang Tanpa Awak, Drone: Otomasi Sedang Bangkit
Robot-robot membuat raihan-raihan produktivitas pada situs-situs industri, sementara bisnis-bisnis menggunakan drone untuk menemukan efisiensi-efisisnsi baru. Manfaat-manfaat penggunaan robot dan drone sangat  nyata- dengan mengambil alih manusia dari garis-garis depan berbagai industri, robot dapat mengurangi cidera dan kematian yang disebabkan oleh kecelakaan-kecelakaan industrial, sementara efisiensi-efisiensi lebih besar operasionalnya memangkas emisi-emisi CO2 dan  mencegah hingga 4.000 kematian dari kecelakaan-kecelakaan jalan raya.


Selama dekade mendatang, mesin-mesin autonomous dapat menambah nilai industri pertambangan sebesar $56 miliar, sebab mesin-mesin tersebut akan meningkat hasil kerja dengan beroperasi 24 jam sehari, 365 hari setahun pada sebuah level produktivitas tinggi. Operasi-operasi bersifat autonomous dapat meningkatkan keamanan kerja, khususnya kondisi-kondisi ekstrim seperti yang ditemukan pada pertambangan-pertambangan bawah tanah atau industri-industri metal panas. Karena mesin-mesin autonomous ini mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar daripada yang manual, juga dapat menghemat sekitar 400 juta ton gas buangan.

Namun demikian, otomasi yang seperti apapun, membawa bersamanya pertanyaan akan penggantian pekerjaan. Selama dekade mendatang, 4% tenaga pertambangan (sekitar 60.000 pekerjaan) dan 38.000  pekerjaan di minyak dan gas berada dibawah ancaman ini.

--***--

eGovInnovation|Martin Simamora

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget